Buka Siang Hari, Pemilik Warung Dihimbau Pakai Tirai

Buka Siang Hari, Pemilik Warung Dihimbau Pakai Tirai

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK - Selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah, para pemilik warung yang buka pada siang hari dihimbau untuk memasang tirai. Hal ini dilakukan demi menghormati umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Hal tersebut dilakukan para personil Team Reaksi Cepat (TRC) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo ketika melakukan Patroli Cipta Kondisi Ramadhan di wilayah Kecamatan Besuk dan Pakuniran, Kamis (16/5/2019).

Dasar hukum kegiatan ini Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja, Perintah Tugas (PT) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Probolinggo serta SOP Tentang Ketentramam dan Ketertiban Umum Satuan Polisi Pamong Praja.

Dalam kesempatan tersebut unit TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo melaksanakan patroli di wilayah Kecamatan Besuk dan Pakuniran dengan sasaran warung yang diduga tempat prostitusi terselubung serta warung yang buka pada siang hari di bulan puasa tanpa menggunakan tirai.

"Karena membuka dagangannya pada siang hari, maka personil TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo memberikan himbauan kepada pemilik warung agar memasang tirai pada warungnya yang buka pada siang hari demi menghormati bulan suci Ramadhan," kata Koordinator TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo Nurul Arifin.

Usai melakukan patroli terhadap warung yang buka siang hari tanpa tirai, personil TRC melakukan operasi pekat (penyakit masyarakat) pada Kecamatan Besuk tapi hasilnya nihil. Serta memberikan himbauan kepada pemilik warung atau tempat yang diduga prostitusi agar selalu menghormati bulan puasa. Operasi pekat juga dilakukan di wilayah Kecamatan Pakuniran.

"Sesuai hasil laporan dari masyarakat, kami juga melakukan operasi pekat dengan mengecek tempat yang diduga menjadi tempat prostitusi. Namun hasil operasi pekat ini masih nihil. Mudah-mudahan bisa terus nihil demi menghormati bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah," harapnya.

Sementara Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengungkapkan himbauan kepada warung yang buka pada siang hari untuk memakai tirai ini dilakukan untuk menghomarti orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa serta menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Probolinggo untuk menghormati dan memulyakan bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah.

"Marilah bersama-sama saling menghargai, mensucikan dan menghormati bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah agar dapat menciptakan situasi aman dan tentram di Kabupaten Probolinggo. Warung-warung yang buka siang hari hendaklah memasang tirai untuk menghormati orang berpuasa," ungkapnya. (wan)