Exit Tol Leces dan Pertigaan Semampir Dipasangi CCTV

Exit Tol Leces dan Pertigaan Semampir Dipasangi CCTV

Reporter : Syamsul Akbar

KRAKSAAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo melakukan pemasangan CCTV (Closed Circuit Television) di 2 (dua) titik di Kabupaten Probolinggo. Yakni, Exit Tol Paspro di Desa Clarak Kecamatan Leces dan pertigaan Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan atau depan Kantor KPU Kabupaten Probolinggo. Dimana masing-masing titik dipasang 3 (tiga) unit kamera CCTV.

Pengadaan pemasangan CCTV di 2 titik ini berasal dari alokasi APBD Kabupaten Probolinggo senilai Rp 195 juta. Ke depan, hasil pemantauan dari CCTV ini bisa diakses oleh masyarakat melalui aplikasi Transinfo Probolinggo yang bisa diunduh di Google Play Store. Sistem kerja aplikasi ini akan memakai gelombang radio. Selain streaming CCTV, dari aplikasi ini masyarakat bisa melihat peta wisata, CCTV, kritik saran, sosmed dan peta traffic light.

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto melalui Kepala Bidang Sarana Prasarana Doddy Kurniawan mengatakan kamera CCTV ini dipasang dengan tujuan untuk memantau kepadatan arus lalu lintas baik dk Exit Tol Paspro di Kecamata Leces maupun pertigaan Semampir Kecamatan Kraksaan. “Ke depan, pemasangan CCTV ini untuk membantu ketertiban pengendara motor dan pengawasan semua kendaraan,” katanya.

Menurut Doddy, alasan pemilihan lokasi Exit Tol Paspro di Kecamatan Leces ini dikarenakan kepadatan arus lalu lintas ke depan akan semakin ramai. Begitu pula di pertigaan Semampir yang masuk dalam kawasan tertib lalu lintas. Terlebih nantinya juga akan dipasang running teks melalui tayangan videotrone.

“Selain untuk memantau kepadatan arus lalu lintas, pemasangan CCTV ini juga berfungsi untuk mempromosikan destinasi wisata. Secara bertahap CCTV juga akan dipasang di kawasan destinasi wisata. Disamping promosi juga untuk antisipasi di daerah yang rawan,” jelasnya.

Dengan dipasangnya CCTV di 2 titik Exit Tol Paspro di Kecamatan Leces dan pertigaan Semampir ini terang Doddy, maka pihaknya sudah memasang CCTV di 4 (empat) titik. Sebelumnya CCTV dipasang di depan Kantor Bupati Probolinggo di Kota Kraksaan sebanyak 3 kamera dan perempatan Kelurahan Kraksaan Wetan Kecamatan Kraksaan sebanyak 4 kamera.

“Ke depan, kami juga akan memasang CCTV di titik-titik rawan, terutama di batas-batas wilayah di Kecamatan Paiton, Tongas dan Leces. Harapannya, pemasangan CCTV ini bisa membantu keamanan dan kepadatan arus lalu lintas. Serta mampu mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Probolinggo,” harapnya. (wan)