Layanan Pos PAUD Desa Jambangan Dilaunching

Layanan Pos PAUD Desa Jambangan Dilaunching

Reporter : Syamsul Akbar

BESUK – Layanan Pos PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Desa Jambangan Kecamatan Besuk akhirnya resmi dilaunching (dirilis) oleh Camat Besuk Teguh Prihantoro bersama Penilik Diktara Massajo, para bunda pendamping Pos PAUD, kader dan bidan desa di Desa Jambangan Kecamatan Besuk, Senin (18/2/2019) sore.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang Baduta didampingi ibunya. Berawal dari rintisan Pos PAUD tahun 2018, kini sudah mulai dilirik dan diminati oleh para orang tua baduta dan desa. Dengan memperhatikan regulasi layanan tumbuh kembang anak usia dini yang terbagi pada beberapa kelompok layanan diantaranya layanan usia 0-2 tahun melalui Pos PAUD/SPS/TP, layanan 3-4 tahun melaui KB dan 5-6 tahun TK.

Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo mengawali dengan soslok pada sasaran para kader posyandu desa tahun 2017. “Semakin terbukanya informasi, layanan yang dapat bersinergi antar lembaga dan instansi lintas sektor, akan semakin mudah melaksanakan program, semakin terurai tugas, peran dan fungsi dalam menyukseskan layanan di masyarakat,” ungkapnya.

Demikian halnya Pos PAUD jelas Massajo, walaupun ide gagasannya dan pelaksanaanya diawali oleh Penilik Diktara dan satuan PAUD PNF (pendidikan Non Formal), namun dalam pelaksanaanya tetap membutuhkan pihak-pihak lain yang dapat mendukung suksesnya pos paud di desa.

Sebagaimana tertuang dalam Juknis Pos PAUD yang diterbitkan oleh Dirjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI antara lain peran kepala desa, LPP dan lain sebagainya, peran lintas sektor seperti Puskesmas, PLKB, seksi Kesra baik di kecamatan maupun desa, Tim Penggerak PKK desa, tokoh agama, tokoh masyarakat serta kemitraan lainya.

“Yang sangatlah penting dan menentukan peran dari Bapak Camat Besuk sebagai fasilitator dan kepanjangan tugas Ibu Bupati Probolinggo,” tegasnya. Melalui kunci-kunci dan peran masing-masing inilah Penilik Diktara dapat merumuskan dan mengimplementasikan program Pos PAUD dan program-program PNF lainnya di Kecamatan Besuk.

“Harapannya dengan diresmikannya Pos PAUD Desa Jambangan ini, akan semakin nyata peran dan manfaatnya layanan pendidikan anak usia dini dan pendidikan non formal di tengah-tengah masyarakat,” harapnya. Sementara Camat Besuk Teguh Prihantoro menyampaikan dengan adanya Pos PAUD ini tentunya dari 3 bidang layanan dan tugas yang diharapkan saling mengisi yaitu bidang kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan bidang keluarga berencana.

“Saya sangat mengapresiasi kemauan pemerintah desa dan masyarakatnya untuk maju dan sukses,” katanya. Saling memahami dalam penyelenggaran Pos PAUD inilah target awal Penilik Diktara untuk memastikan semua pihak/stakeholder dapat berkontribusi dan berintegrasi secara holistik-integratif (menyatu padu antara Pos PAUD, posyandu dan BKB) dalam layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pangasuhan, kesejahteraan dan perlindungan. (wan)