Malam Takbiran, Bupati Tantri Tinjau Posyan Lebaran

Malam Takbiran, Bupati Tantri Tinjau Posyan Lebaran

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING - Untuk melihat dari dekat kesiapan pengamanan lebaran tahun ini, Selasa (4/6/2019) malam bertepatan dengan malam takbiran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo meninjau pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan) Lebaran 1440 Hijriyah.

Bupati Probolinggo Hj P. Tantriana Sari SE didampingi suaminya yang juga anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si meninjau pos pelayanan (Posyan) Pantai Bentar Kecamatan Gending.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tantri melihat-lihat dari dekat pelayanan yang diberikan serta tempat istirahat yang diperuntukkan bagi pemudik yang sedang melintas di kawasan Pantai Bentar tersebut. Pelayanan yang diberikan di Posyan Bentar terdiri dari kesehatan, tempat bermain anak-anak, WC portabel dan lain sebagainya.

Sebagai bentuk kepedulian Pemkab Probolinggo, diserahkan pula bingkisan lebaran kepada para petugas di Posyan Bentar. “Bingkisan ini jangan dilihat dari bentuk dan nilainya. Ini adalah salah satu bentuk perhatian Pemerintah Daerah atas tugas mulia yang sedang saudara-saudara laksanakan,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Tantri menambahkan selain memantau kondisi di lapangan, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

”Semoga dengan kegiatan ini, para personel yang bertugas di lapangan dapat lebih termotivasi dan memperoleh dukungan semangat dalam melaksanakan tugasnya,” harapnya.

Sementara Kepala Posyan Bentar Ipda I Nyoman Harayasa mengungkapkan penempatan personil Posyan dan Pospam pada Operasi Ketupat Semeru tahun 2019 ini dimulai pada 29 Mei 2019 hingga 10 Juni 2019.

“Kekuatan personil tiap hari di Posyan Bentar ini terdiri dari 23 orang anggota Polri ditambah TNI 4 orang, Dinkes 3 orang, PMI 3 orang, Dinas PU Bina Marga dan Dishub. Serta adik-adik pramuka yang khusus untuk malam ini dipusatkan di Pospam Kraksaan karena ada takbiran dan baru kembali kesini besok siang,” katanya.

Tahun ini, di Kabupaten Probolinggo disiapkan 4 (empat) pospam dan 1 (satu) posyan. Yakni, Pospam dekat Masjid An-Nur Kecamatan Paiton, Pospam Alun-alun Kota Kraksaan atau depan Kantor Bupati Probolinggo, Posyan Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Pospam Exit Tol Probolinggo Timur Paspro (Pasuruan-Probolinggo) Desa Clarak Kecamatan Leces serta Pospam Rest Area Tongas.

Demi memaksimalkan peninjauan pospam dan posyan ini, Pemkab Probolinggo membagi menjadi 3 (tiga) tim yang masing-masing diikuti oleh sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo. Tim 1 dipimpin oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi suaminya yang juga anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si dengan sasaran Posyan Bentar dan Pospam Kraksaan.

Kemudian tim 2 dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dengan sasaran Pospam Leces dan Pospam Tongas. Serta tim 3 dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dengan sasaran Pospam Paiton. (wan)