Mampu Bangun Hubungan Kemitraan dengan Kepala Daerah, DPRD Raih Penghargaan dari Presiden RI

Mampu Bangun Hubungan Kemitraan dengan Kepala Daerah, DPRD Raih Penghargaan dari Presiden RI

Reporter : Hendra Trisianto
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo meraih penghargaan membanggakan sebagai DPRD yang telah membangun hubungan kemitraan yang baik bersama Kepala Daerah dalam periode 2014-2019.

Penghargaan itu diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo melalui Sekretaris Jendral Kementrian Dalam Negeri RI kepada DPRD Kabupaten Probolinggo beserta 12 DPRD daerah lainnya di Redtop Hotel dan Convention Centre Pecenongan, Jakarta pusat, Sabtu (22/6/2019) pagi. 

Saat itu DPRD Kabupaten Probolinggo menjadi satu-satunya yang mewakili Provinsi Jawa Timur dalam memperoleh penghargaan bergengsi ini. Penghargaan tersebut diterima oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Imam Suhrowardi yang saat itu hadir bersama tiga orang wakilnya. 

"Alhamdulillah dari 416 kabupaten di seluruh Indonesia, DPRD Kabupaten Probolinggo urutan kedua. Ini adalah prestasi baru yang sangat membanggakan, tentunya hal ini tak lepas dari kondusifitas dan sinergitas yang terjalin antara legislatif dan eksekutif selama ini," kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo HA. Musayyib Nahrawi, saat dikonfirmasi, Minggu (23/6/2019). 

Diakui oleh Musayyib bahwa selama periode 2014-2019 tersebut memang terjalin kebersamaan dan sinergi yang sangat baik antara kedua belah pihak dalam menjalankan roda pemerintahan daerah. Dengan adanya pola kemitraan yang sehat itu dampaknya juga terasa pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan. 

Pihaknya berharap prestasi dan penghargaan dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) RI ini mampu menjadi pendongkrak semangat sekaligus tolak ukur untuk raihan prestasi-prestasi pada periode berikutnya. Kuncinya adalah kebersamaan dan menyatukan visi dan misi, dibutuhkan sinergi yang kuat dalam berbagai bidang untuk tercipta kebersamaan. 

"Pemerintah Daerah yang kuat adalah sinergitas antara eksekutif dan legislatif yang erat, masing-masing pihak harus memiliki komitmen bersama-sama membangun Kabupaten Probolinggo secara utuh tanpa dipengaruhi tendensi lainnya. Jadi niatnya adalah untuk membangun Kabupaten Probolinggo ke arah yang lebih baik," tuturnya. 

Tidak lupa ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE yang saat ini sedang menjabat Bupati Probolinggo periode kedua dan selama ini juga telah menjadi rekan kerja yang kuat dalam membangun daerah Kabupaten Probolinggo menuju arah yang lebih baik. 

"Terimakasih kepada Bupati Probolinggo, prestasi ini merupakan cerminan hubungan baik antara legislatif dengan eksekutif di lingkungan Kabupaten Probolinggo. Kedepan harus lebih baik, selalu bersama dalam langkah membawa Kabupaten Probolinggo menuju daerah yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur yang diridhoi Allah SWT," pungkasnya. (dra)