Motivasi Umat Muslim Tunaikan Ibadah Haji

Motivasi Umat Muslim Tunaikan Ibadah Haji

Reporter : Hendra Trisianto
KRUCIL - Selain untuk mengharap barokah Allah SWT, menghadiri undangan walimatul safar haji juga akan menjadi motivasi bagi umat muslim yang belum mendapat kesempatan menunaikan rukun Islam yang ke lima, yaitu ibadah haji.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko, Rabu (19/6/2019) siang, pada acara walimatul Safar Calon Jamaah Haji (CJH) asal Desa Krucil Kecamatan Krucil Ninik Yulia yang kesehariannya adalah aparatur sipil di lingkungan sebagai Kabag Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Probolinggo.

Saat itu Wabup Timbul Prihanjoko didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko serta diikuti oleh beberapa pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten dan Forkopimka Krucil.

Menghadiri majelis walimatul Safar menurut Wabup Timbul Prihanjoko adalah suatu yang istimewa, karena ini merupakan salah satu cara Allah SWT dan Rasulullah SAW mengundang kepada umat muslim agar mensegerakan berniat melaksanakan ibadah haji.

"Ingat, keinginan melaksanakan ibadah haji harus dibarengi niat yang tulus, kemudian mulailah menabung dan mantapkan hati berdoa InsyaAllah, Allah akan mengintervensi rejeki kita," kata Wabup Timbul Prihanjoko.

Pada hari yang sama, Wabup Timbul dan rombongan juga melakukan Safari Haji di kediaman Kepala Desa Bermi Kecamatan Krucil Yusuf.

Dalam tausiahnya Wabup Timbul Prihanjoko mengatakan kehadiran para unsur pimpinan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo ini juga diharapkan dapat memberikan support psikologis kepada para CJH , bahwa tidak ada yang perlu dirisaukan saat akan menjadi tamu Allah.

Wabup Timbul menjelaskan, kadangkala menjadi kerisauan tersendiri bagi seseorang yang akan berangkat haji karena sebelumnya dirinya pernah mendengar cerita-cerita bahwa ada balasan atas apa yang sudah kita perbuat dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita disini dalam rangka menghantar dan memberikan doa terbaik kepada rekan-rekan kita. Selain itu kita manfaatkan untuk saling memaafkan. Panjenengan adalah tamu Allah, jangan berprasangka jelek, yang penting berniatlah hanya untuk ibadah. Percayalah Allah akan memberi kelancaran, jangan takut - takut," pungkasnya. (dra)