Pemkab Gelar Seleksi GSI Jenjang SMP Tingkat Kecamatan

Pemkab Gelar Seleksi GSI Jenjang SMP Tingkat Kecamatan

Reporter : Syamsul Akbar

 

PAITON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) menggelar seleksi Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang SMP tingkat kecamatan tahun 2019. Pelaksanaan GSI tahun 2019 mengambil tema “Pembangunan Karakter Siswa Melalui Ajang Sepakbola” dengan tagline karakter, bakat dan prestasi.

Seleksi yang diikuti oleh para siswa jenjang SMP di masing-masing kecamatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari. Kamis (28/3/2019), seleksi dilaksanakan di Lapangan PJB Paiton dan Lapangan Bago Kecamatan Besuk. Selanjutnya, Jum’at (29/3/2019), seleksi dilaksanakan di Lapangan Diklat Kabupaten Probolinggo, Lapangan PTKL Leces, Lapangan Desa Jangur Kecamatan Sumberasih dan Lapangan Krejengan Kecamatan Krejengan.

Kemudian Sabtu (30/3/2019), seleksi dilaksanakan di Lapangan Condong Kecamatan Gading, Lapangan SMPN 1 Pajarakan, Lapangan Sumberkerang Kecamatan Gending, Lapangan Maron, Lapangan Sukapura dan Lapangan Banyuanyar.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Sunalis mengatakan seleksi GSI jenjang SMP tingkat kecamatan ini bertujuan untuk menyeleksi para siswa terbaik dalam bermain sepakbola berdasarkan skill bermain, memiliki kecamatan, fleksibel, kerja sama tim dan daya tahannya.

“Seleksi ini dilakukan pada 14 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Memang tidak semua kecamatan dikarenakan letak geografis, kesulitan lapangan serta gangguan sinyal sehingga terkendala ketika melakukan pendaftaran secara online ke Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) RI di Jakarta,” katanya.

Menurut Sunalis, sesuai dengan regulasi maka tahapan awal dari pelaksanaan GSI ini tahapan awalnya diantaranya registrasi langsung ke Kemendikbud RI di Jakarta. Adapaun tahapan seleksinya dimulai dari tingkat sekolah dan kecamatan yang diikuti oleh sekolah yang ada di kecamatan masing-masing. Kompetisi GSI jenjang SMP ini diikuti oleh siswa SMP berusia 14 tahun atau kelahiran maksimal 2005.

“Seleksi GSI tingkat kecamatan ini bertujuan untuk membentuk tim kecamatan sejumlah 18 siswa dan 4 official serta mendaftarkan tim kecamatan untuk maju ke tingkat kabupaten dengan menggunakan sistem daring (online). Setelah terbentuk tim kecamatan nantinya akan maju ke tingkat kabupaten dengan mekanisme pendaftaran online,” jelasnya.

Sunalis menerangkan seleksi GSI tingkat kecamatan ini terselenggara berkat kerja sama Dispendik dengan Disporaparbud (Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan), Askab PSSI Probolinggo, Dinas Kesehatan, PT YTL-Jawa Power, PT PJB Paiton serta KONI Kabupaten Probolinggo.

“Batas akhir pendaftaran secara online ke Kemendikbud RI untuk tingkat Kabupaten Probolinggo sampai akhir April 2019. Sementara pelaksanaan GSI tingkat Kabupaten Probolinggo dijadwalkan pada akhir Juni hingga awal Juli 2019. Ada dua tempat yang akan menjadi alternatif. Yakni Stadion Gelora Merdeka Kraksaan dan Lapangan PJB Paiton,” terangnya.

Lebih lanjut Sunalis menjelaskan GSI ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap cabang olahraga sepakbola, meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif, meningkatkan semangat menjaga kesehatan jasmani, menumbuhkan jiwa sportivitas, kerja keras, disiplin, komunikatif bersahabat menghargai prestasi dan tanggung jawab, mengembangkan bakat dan minat siswa sebagai pemain sepakbola pada masa yang akan datang serta meningkatkan persatuan dan kesatuan antara siswa seluruh Indonesia.

“Dengan kegiatan ini diharapkan siswa memiliki fisik yang kuat, perilaku yang baik, pola pikir yang cerdas dan berwawasan luas dalam membangun persepakbolaan berkarakter, menjadikan GSI sebagai sarana efektif untuk menunjukkan bakat dan minat menjadi pemain sepakbola di masa yang akan datang serta GSI bisa menjadi wadah untuk membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas kompetisi sepakbola usia muda di Indonesia,” tegasnya.

Tidak lupa Sunalis mengucapkan terima kasih kepada para kepala SMP negeri/swasta, guru olahraga dan pelatih yang sudah menyiapkan siswa terbaiknya. Selanjutnya PT YTL-Jawa Power, PSSI, KONI, Dinkes hingga semua pihak yang sudah bekerja sama dengan mensupport kegiatan GSI mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi.

“Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak PT PJB Paiton yang sudah memberikan fasilitasi berupa Lapangan Sepakbola PJB Paiton sebagai tempat seleksi di wilayah timur yang kemungkinan besar akan menjadi lokasi pelaksanaan GSI Tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2019,” pungkasnya. (wan)