Perpusdes Aqila Gelar Lomba Mewarnai TK/RA

Perpusdes Aqila Gelar Lomba Mewarnai TK/RA

Reporter : Syamsul Akbar

KREJENGAN – Perpustakaan Desa (Perpusdes) Aqila Desa Krejengan Kecamatan Krejengan menggelar lomba mewarnai tingkat TK/RA se-Kabupaten Probolinggo, Rabu (20/2/2019) pagi. Kegiatan ini mengambil tema “Mewujudkan Kesadaran Anak-anak Terhadap Pentingnya Menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat Dalam Penanggulangan Penyakit Demam Berdarah”.

Lomba mewarnai Tingkat TK/RA yang baru pertama kali digelar oleh Perpusdes Aqila ini diikuti oleh 200 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Krejengan, Kraksaan, Pajarakan, Besuk , Paiton dan Gading. Para peserta mewarnai gambar yang sudah disiapkan panitia dalam durasi 2 jam.

Dewan juri dalam lomba mewarnai tingkat TK/RA ini berasal dari Karang Taruna Desa Krejengan Kecamatan Krejengan. Untuk kriteria penilaian meliputi kreatifitas, kerapian dan keindahan. Nantinya akan diambil juara 1, 2, 3, harapan 1, harapan 2 dan harapan 3.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa tropy, sertifikat serta uang pembinaan. Sekretaris Kecamatan Krejengan Prasetyo Wibowo mengatakan kegiatan lomba mewarnai tingkat TK/RA ini dilakukan untuk mengamalkan program perpustakaan bahwa di Kecamatan Krejengan ada perpusdes dan mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Terima kasih kepada Perpusdes Aqila yang membuat inisiatif dengan menggelar lomba mewarnai untuk mengajak masyarakat sejak dini menanggulangi penyakit DBD. Ini adalah suatu kegiatan yang sangat positif yang dapat memberikan edukasi kepada generasi muda yang masih dalam masa usia emas,” ujarnya.

Prasetyo menyampaikan bahwa anak-anak ini yang akan mewarisi pemimpin-pemimpin negeri masa depan. Oleh karena itu guru harus mengembangkan potensi anak-anak sehingga anak-anak bisa berkembang sesuai potensi diri yang dimiliki oleh anak.

“Kegiatan ini diharapkan bisa berlanjut pada tahun-tahun yang akan datang. Semoga dari lomba ini ditemukan potensi-potensi yang dapat digunakan untuk maju ke tingkat yang lebih tinggi,” tegasnya.

Sementara Kepala Desa Krejengan Nurul Huda mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan budaya pola hidup bersih dan sehat dalam penanggulangan Demam Berdarah Dengue (DBD) pada anak-anak serta mewujudkan dan mengembangkan kreatifitas anak tingkat TK/RA di wilayah Kabupaten Probolinggo.

“Selain itu meningkatkan perkembangan pola berfikir anak-anak. Sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan karakter di lingkungan sekolah para peserta didik,” katanya.

Menurut Huda, dengan adanya lomba mewarnai ini paling tidak dapat mengajak para pengurus perpustakaan yang ada di desa agar keberadaan perpusdes dapat mendukung pendidikan di Desa Krejengan. Ini merupakan wujud nyata manfaat perpustakaan untuk mencapai cita-cita desa.

“Kami sengaja mengangkat tema kesehatan, karena kami melihat kasus DBD di Kabupaten Probolinggo cukup tinggi. Sehingga paling tidak dengan adanya lomba mewarnai ini kami bisa memberikan pemahaman sejak dini tentang perilaku hidup bersih dan sehat untuk menanggulangi penyakit DBD,” jelasnya.

Dengan lomba mewarnai tingkat TK/RA ini Huda berharap agar keberadaan perpustakaan desa tetap eksis untuk melaksanakan kegiatan dalam membantu lembaga pendidikan di Kecamatan Krejengan.

“Kami berharap kegiatan ini bisa mendukung Perpusdes Aqila dapat memicu desa-desa lain agar menganggarkan perpusdes. Karena perpustakaan tidak hanya menjadi tempat meminjam buku saja, tetapi juga pusat kegiatan dan pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya. (wan)