Pohon Tumbang dan Beberapa Bangunan Rusak Diterpa Angin Kencang

Pohon Tumbang dan Beberapa Bangunan Rusak Diterpa Angin Kencang

Reporter : Mujiono

TONGAS - Musim penghujan rawan teradap bencana alam yang dapat meresahkan masyarakat. Seperti yang terjadi di wilayah Kecamatan Tongas, tepatnya di Desa Tambakrejo dan Curah Tulis. Angin kencang/puting beliung yang terjadi Rabu (6/3/2019) sekitar pukul 15.30 WIB menyebabkan beberapa pohon tumbang dan bangunan rusak.

Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, angin kencang disertai dengan hujan sedang mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan beberapa rumah warga rusak. BPBD beserta tim tanggap bencana dan Forkopimka Tongas menangani kejadian bencana dilokasi.

Pohon randu yang tumbang menutup akses jalan di Desa Tambakrejo mengenai pengendara sepeda motor. Salah satunya sepeda motor yang dikendarai Somat, warga Desa Tambakrejo dengan kondisi luka ringan.

Sementara seorang pengendara lainnya, Abdul Rohim warga Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan yang tertimpa pohon randu, meninggal dunia. Dampak bencana angin kencang menerpa rumah warga di Desa Curah Tulis yang bersebelahan dengan Desa Tambakrejo.

Hingga saat ini masih dilakukan pendataan kerusakan dan kerugian yang dialami akibat bencana tersebut. Angin kencang juga mengenai atap rumah warga atas nama Pak Yono warga Dusun Krajan Desa Tambakrejo dengan kondisi rusak ringan.

Atap mini market di pinggir jalan raya juga mengalami kerusakan cukup parah. Angin kencang juga menerpa atap SPBU milik swasta yang mengakibatkan beberapa sepeda motor roboh dan atap SPBU rusak.

TRC Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Probolinggo langsung mendatangi lokasi kejadian dan melakukan assesment sekaligus membersihkan material pohon tumbang yang terjadi akibat angin kencang yang dibantu oleh warga setempat. (y0n)