Puskesmas Tongas Terapkan Hidangan Rapat Bebas Kemasan Plastik

Puskesmas Tongas Terapkan Hidangan Rapat Bebas Kemasan Plastik

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Mulai awal bulan April 2019 lalu, Puskesmas Tongas menerapkan penyediaan hidangan rapat bebas kemasan plastik, baik air minum kemasan plastik maupun makanan kemasan styrofoam untuk semua pertemuan yang diselenggarakan di ruang pertemuan Puskesmas Tongas.

Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia Nomor : SE.3/UN/RT/SET.1/2/2018 Tentang Himbauan Penyediaan Hidangan Rapat Bebas Kemasan Plastik. SE ini menghimbau agar lingkungan pemerintah turut mengurangi penggunaan kemasan plastik dalam menyediakan makanan ringan saat mengadakan rapat atau pertemuan.

Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani mengatakan saat ini Puskesmas Tongas menggunakan gelas yang setiap kali digunakan dicuci dengan bersih dan menggunakan penutup gelas dari kertas yang sekali pakai. Peserta pertemuan dapat mengisi air berulang kali bila dirasa masih haus.

“Terlebih lagi untuk para pegawai, masing-masing memiliki tumbler atau gelas untuk minum setiap harinya. Ini adalah tahap pertama, khusus acara di ruang pertemuan dan air minum pegawai. Selain itu, misalnya acara di luar gedung pertemuan dan acara di desa masih tahap didorong untuk hal serupa,” katanya.

Hal ini jelas Nia sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik. Mengingat saat ini Indonesia merupakan negara kedua penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia. Dimana hal ini sangat berbahaya, karena juga mencemari air laut dan makhluk di dalamnya termasuk ikan.

“Penerapan penyediaan hidangan rapat bebas kemasan plastik ini dilakukan sebagai upaya mendukung dalam menjaga kualitas ikan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan ibu dan anak. Semoga program ini bisa mengurangi sampah plastik di Kecamatan Tongas pada khususnya dan Kabupaten Probolinggo pada umumnya,” pungkasnya. (wan)