Ramadhan dan Idul Fitri, Jamin Stok Bawang Merah Aman

Ramadhan dan Idul Fitri, Jamin Stok Bawang Merah Aman

Reporter : Syamsul Akbar DRINGU - Jelang datangnya bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah tahun 2019, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur memastikan stok bawang merah di wilayah Jawa Timur aman.

Hal tersebut terungkap dalam kunjungan Kepala Disperindag Provinsi Jawa Timur Drajat Irawan ke sentra Pasar Bawang Kecamatan Dringu, Sabtu (20/4/2019) pagi. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di Provinsi Jawa Timur menjelang bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri tahun 2019 serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui perkembangan Produk Unggulan Daerah (PUD).

Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi, Kepala UPT Perlindungan Konsumen Jember Disperindag Provinsi Jawa Timur Baikuni serta Ketua Paguyuban Pasar Bawang H. Moch. Bakir.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Disperindag Provinsi Jawa Timur Drajat Irawan melakukan dialog dengan Ketua Paguyuban Pasar Bawang Moch. Bakir terkait harga, lokasi pengiriman, perkiraan panen raya serta kapasitas Pasar Bawang di Kecamatan Dringu.

"Dari hasil kunjungan ini kami menjamin dan memastikan bahwa stok bawang merah akan aman selama bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri tahun 2019. Jadi masyarakat di Jawa Timur jangan khawatir akan kekurangan bawang merah," katanya.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Drajat Irawan karena adanya jaminan ketersediaan ketercukupan bawang merah sampai hari raya Idul Fitri. Selain itu, sebagian daerah penghasil bawang merah di Jawa Timur juga ada yang mulai panen yang akan semakin menambah stok sehingga dirasa cukup untuk memenuhi ketersediaan bawang merah.

"Kami sengaja datang ke Kabupaten Probolinggo karena merupakan salah satu penghasil bawang merah terbesar di Jawa Timur. Terlebih bawang merah disini memiliki ciri khas tersendiri dengan varietas Biru Lancornya. Semoga hingga hari raya Idul Fitri mendatang tidak ada kelangkaan bawang merah di wilayah Jawa Timur," harapnya.

Sementara Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi menyampaikan ucapkan terima kasih atas kunjungan dari Kepala Disperindag Provinsi Jawa Timur di Pasar Bawang Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Harapannya kunjungan ini mampu memberikan dampak yang positif, terutama pada sektor pertanian bawang merah di Kabupaten Probolinggo.

"Kami optimis menghadapi bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, pasokan bawang merah tercukupi. Hal ini dikarenakan pada bulan April ini ada panen bawang merah seluas 387 hektar dengan produksi 22.387 kwintal dan bulan Mei ada panen 441 hektar dengan produksi 32.676 kwintal," katanya. (wan)