Ratusan Kuda Bromo Ramaikan Lomba Pacuan Kuda

Ratusan Kuda Bromo Ramaikan Lomba Pacuan Kuda

Reporter : Mujiono
SUKAPURA - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73 tahun 2019, Polres Probolinggo bekerja sama dengan Komunitas Kuda Bromo menggelar Lomba Pacuan Kuda Bromo memperebutkan Kapolres Cup1 di Lautan Pasir wisata Gunung Bromo Kecamatan Sukapura, Minggu (30/6/2019).

Lomba Pacuan Kuda ini dilepas secara resmi oleh Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto didampingi Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Wahid Nurahman, Camat Sukapura Bambang Heriwahjudi beserta anggota Forkopimka Sukapura.

Ratusan kuda milik warga Bromo Tengger Kecamatan Sukapura ini siap dipacu dengan joki handalnya untuk menampilkan yang terbaik dan meraih prestasi kejuaraan balap kuda yang digelar oleh Polres Probolinggo tersebut. Setiap lomba terdapat 10 peserta dilepas secara bergantian digaris start.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto menyampaikan kegiatan pacuan kuda Bromo ini merupakan kegiatan pertama kali digelar di lautan pasir wisata Gunung Bromo. Dimana, tujuannya adalah untuk menambah aktifitas di lingkungan wisata Bromo. “Nantinya, momentum ini akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun setiap peringatan HUT Bhayangkara,” katanya.

Sementara anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si menyatakan kuda sebagai alat transportasi di kawasan Gunung Bromo. Di momentum ini, kuda menjadi ajang pertunjukan dan hiburan yang dikemas dalam lomba pacuan kuda Bromo yang diikuti oleh komunitas kuda di Kawasan Bromo Tengger Semeru.

“Saya merasa bangga atas kinerja Polres Probolinggo yang telah membantu Pemerintah Kabupaten Probolinggo menciptakan situasi yang kondusif. Disisi lain, aparat keamanan Polri maupun TNI berkomitmen mensukseskan pembangunan dan mendukung potensi wisata di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Dari hasil lomba tersebut, untuk kuda kelas A juara pertama diraih kuda milik Agus Mukio, juara kedua diraih kuda milik Epong dan juara ketiga diraih kuda milik Pirjo. Kuda kelas B, juara pertama diraih kuda milik Febri, juara kedua diraih kuda milik Eto dan juara ketiga diraih kuda milik Niman.

Sedangkan lomba pacuan kuda kelas C, juara pertama diraih kuda terbaiknya milik Oyes/Sandi, juara kedua diraih kuda milik Sluk/Joker dan juara ketiga diraih kuda milik Selvin. Untuk kejuaraan kelas D, juara pertama diraih kuda milik Ribut, juara kedua diraih kuda milik Aprilia dan juara ketiga diraih kuda milik Oyes.

Anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto dan Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo menyerahkan langsung hadiah berupa tropy dan uang pembinaan bagi para pemenang di lokasi arena pacuan kuda Bromo di lautan pasir Gunung Bromo. (y0n)