Safari Ramadhan 1440 H Bersama MWCNU dan Forkopimka Besuk

Safari Ramadhan 1440 H Bersama MWCNU dan Forkopimka Besuk

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK - Safari Ramadhan 1440 Hijriyah perdana bersama Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Besuk dilaksanakan di Masjid Baiturrohim Dusun Kerep Desa Bago Kecamatan Besuk, Rabu (8/5/2019) malam.

Kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil musyarawah MWCNU bersama lembaga NU dan ranting NU pada Jum'at (3/5/2019) malam di Kantor MWCNU Kecamatan Besuk. Musyawarah yang dipimpin Massajo (Sekretaris Lakpesdam NU Besuk) ini diantaranya membahas tentang kegiatan Safari Ramadhan, Banerisasi Ramadhan, dan himbauan tentang hormati bulan suci Ramadhan baik dari PWNU, PCNU dan Bupati Probolinggo.

Safari Ramadhan 1440 H di Masjid Baiturrohim ini diikuti oleh segenap umat muslim yang ada di Desa Bago Kecamatan Besuk dan sekitarnya. Secara umum kegiatan ini berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Ketua Takmir Masjid Baiturrohim H. Mustain menyampaikan ucapan terima kasih kepada MWCNU dan Camat Besuk yang telah menunjuk Masjid Baiturrohim untuk mengawali kegiatan Safari Ramadhan 1440 Hijriyah. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pemerintah desa, para pengurus, jamaah dan warga Desa Bago pada khususnya dan Kecamatan Besuk pada umumnya.

"Disamping masjid ini berfungsi sebagai tempat sholat Jum'at dan rawatif juga digunakan madrasah diniyah. Bahkan pernah menjadi juara umum pada Lomba Kemakmuran Masjid tahun 2012 yang diselenggarakan olen PCNU Kota Kraksaan," katanya.

Sementara Ketua MWCNU Kecamatan Besuk Hasan Zainuri dalam sambutannya meminta agar terus menjaga dan merawat masjid serta menjaga kerukunan dan kekompakan antar pengurus dan masyarakat.

"Jangan memberi izin dan kegiatan pada orang/jamaah dari luar Desa Bago yang tidak dikenal. Makmurkan masjid dengan ibadah, dakwah, sosial dan keummatan," ungkapnya.

Sedangkan Camat Besuk Teguh Prihantoro mengatakan Desa Bago sangat potensi baik dari sisi kemasyarakatan, pendidikan (dari PAUD-SMA), event lomba tingkat Kabupaten Probolinggo dan Provinsi Jawa Timur, kesehatan (Puskesmas Bago), kepemudaan dan olahraga (lapangan Bago, club sepakbola Kancil Muda) dan lain sebagainya.

"Pengelolaan potensi desa, SDM masyarakat, Pemerintah Desa, pengelolalaan anggaran desa, kegiatan Musrenbang dan lain sebagainya sangat bagus. Dari 17 desa se-Kecamatan Besuk, Desa Bago tergolong maju, kreatif dan inovatif. Salah satu icon kebanggaan Kecamatan Besuk festival tahunan yang disebut Festival Kampoeng Bago yang luar biasa yang dimotori olah anak-anak muda karang taruna. Semoga terus kreatif, maju dan sukses," ungkapnya.

Tentunya momentum Ramadhan melalui safari ini bisa saling silaturrahim, dialog dan diskusi agar suasana kondusif tetap terjaga. Disamping syiar dakwah melalui Safari Ramadhan, Safari Jum'at, juga penting media publikasi kegiatan dan himbauan MWCNU Besuk melaui banner yang dipasang sepanjang jalan utama Alaskandang-Bago. Ada 8 titik banner terpasang oleh Lakpesdam NU Besuk dibantu PAC GP Ansor Kecamatan Besuk. "Alhamdulillah berjalan lancar, aman dan semoga barokah," pungkasnya.

Kegiatan Safari Ramadhan dilanjutkan dengan dialog, tanya jawab dan penyerahan mushaf Al Qur'an, papan nama masjid berstandar PCNU dan lain sebagainya. (wan)