Selama Ramadhan, IKADI Gelar Program BTQ

Selama Ramadhan, IKADI Gelar Program BTQ

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK - Ikatan Da'i Indonesia (IKADI) Kabupaten Probolinggo menggelar program BTQ (Baca Tulis Al Qur'an) di TPQ Nurul Istiqomah Dusun Talang Desa Jambangan Kecamatan Besuk, Minggu (12/5/2019).

Program BTQ ini merupakan salah satu program kerja sama antara Pengasuh TPQ Nurul Istiqomah Ustadz Sawi Bhekti Herwanto dengan Ketua IKADI Kabupaten Probolinggo Massajo. Diantaranya RRT (Rintisan Rumah Tahfidz), pembinaan baca Al Qur'an bagi lansia (lanjut usia) serta baca tulis Al Qur'an setiap hari minggu selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah.

Sekitar 80 orang santri TPQ Nurul Istiqomah dan 15 orang ibu-ibu aktif rutin mengikuti kegiatan mengaji sesuai jadwal di TPQ. Di samping juga aktif mengikuti kegiatan pembinaan kerohanian oleh Ketua IKADI Kabupaten Probolinggo.

"Hal ini dilaksanakan mengingat antusias para wali santri dan para santri sangat tinggi didukung dengan lingkungan masyarakat yang kondusif dan sangat mendukung sehingga program-program kerja sama TPQ Nurul Istiqomah dan IKADI terjalin kerja sama yang baik," kata Ketua IKADI Kabupaten Probolinggo Massajo.

Beberapa kegiatan-kegiatan dakwah yang sukses dilaksanakan diantaranya peringatan Tahun Baru Islam tiap tahun, haflatul imtihan TPQ Nurul Istiqomah, wisuda tahfidz baik di tingkat koordinator Kabupaten Probolinggo maupun di tingkat regional Jawa Timur, beberapa bulan lalu bersama ribuan tahfidz wisuda di Kampus UNISMA Malang, audisi tahfidz tingkat koordinator Kabupaten Probolinggo rutin bergilir lintas kecamatan dan lain sebagainya.

Sebagai Ketua IKADI, dengan program kerjasama kemitraan ini Massajo mengharapkan pembina, pengasuh dan para asatidz terus istiqomah dalam membimbing para santri untuk menyiapkan generasi yang berkualitas, imtaq dan berakhlak mulia serta peran orang tua dan masyarakat agar terus memberi support dan donasi kelancaran program dan kreatifitas santri dan lembaga TPQ.

"Kami terus berinovasi agar santri dan jamaah masyarakat selalu bersemangat hadir dan tidak jenuh, sehingga acara dan kegiatannya dibuat menarik," jelasnya.

Suksesnya kegiatan-kegiatan TPQ Nurul Istiqomah dan IKADI menjadi buah pembicaraan yang positif di masyarakat bahkan dikenal para alumni lulusan/ binaan TPQ Nurul Istiqomah ini sering menjuarai lomba-lomba seperti lomba tartil di pondok pesantren dan di ajang-ajang lomba lainnya.

"Semoga dengan kemitraan TPQ dan IKADI yang baik ini terus berkembang ke lembaga-lembaga lainnya khususnya di Kecamatan Besuk. Program kerja sama ini didukung oleh Forkopimka Kecamatan Besuk pada saat launching RRT (Rintisan Rumah Tahfidz) tahun 2018 lalu," pungkasnya. (wan)