Wabup Timbul Tinjau Lokasi Pembuatan Tandon Air Pramuka Peduli

Wabup Timbul Tinjau Lokasi Pembuatan Tandon Air Pramuka Peduli

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko melakukan peninjauan lokasi pembuatan tandon air Pramuka Peduli di Dusun Klompangan Desa Betek Taman Kecamatan Gading, Selasa (9/7/2019).

Pembuatan tandon air ini merupakan Program Gerakan Pramuka Peduli dari Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo dalam rangka turut serta berpartisipasi dalam membantu pembangunan di Desa Betek Taman pada khusunya dan Kabupaten Probolinggo pada umumnya. Ke depan, kolam air ini akan diproyeksikan sebagai destinasi wisata alam yang ada di Desa Betek Taman Kecamatan Gading.

Turut serta mendampingi dalam kesempatan tersebut Camat Gading Taufik Alami, Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Didik S Wahjudi, Kepala Desa Betek Taman Mahfud, perwakilan Perhutani Probolinggo serta para perangkat Desa Betek Taman Kecamatan Gading.

Dalam kunjungannya di lokasi pembuatan tandon air ini, Wabup Timbul melihat dari dekat proses penggalian tanah yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Orang nomor dua di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo inipun berulang kali dibuat kagum dengan derasnya sumber air yang keluar dari bekas galian yang dilakukan masyarakat.

“Ternyata sumber airnya deras sekali setelah digali. Ini merupakan sebuah potensi yang sangat luar biasa kalau dikembangkan dengan baik sebagai destinasi wisata alam,” kata Wabup Timbul.

Bahkan Wabup Timbul meminta kepada Kepala Desa Betek Taman Mahfud supaya setelah tandon air ini jadi nantinya bisa dilengkapi dengan kolam yang beragam bentuknya. Serta secara bertahap dilakukan pembenahan sarana prasarana demi mendukung terwujudnya destinasi wisata alam tersebut.

“Coba nantinya kepala desa bersama beberapa instansi terkait membuat sebuah inovasi, bagaimana lokasi ini bisa menjadi destinasi wisata dan menjadi jujugan masyarakat yang akan berlibur bersama keluarganya. Untuk alamnya sangat mendukung sekali dengan pohon-pohon yang rindang. Kalau memang dibutuhkan, adik-adik pramuka akan selalu siap membantu,” jelasnya.

Menurut Wabup Timbul, program Gerakan Pramuka Peduli ini bertujuan untuk mengembangkan potensi daerah demi mendukung pembangunan. Program ini dilalukan untuk mengajari para anggota pramuka di Kabupaten Probolinggo supaya peka dan peduli terhadap lingkungan. Sehingga memudahkan dan mempercepat prosesnya karena dengan pramuka akan memperpendek birokrasi tetapi manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Mulai tahun ini, program gerakan pramuka di Kabupaten Probolinggo saya arahkan kepada desa-desa yang membutuhkan. Sehingga bisa saling mengisi dan membantu yang selanjutnya akan dikembangkan oleh pemerintah desa. Silahkan kalau ada permasalahan sampaikan kepada pramuka agar bisa saling sharing bersama-sama,” tegasnya.

Wabup Timbul menambahkan program gerakan Pramuka Peduli ini dilakukan untuk mewujudkan mimpi-mimpi desa yang benar-benar ingin maju melalui pengembangan potensi desa yang dimilikinya.

“Kalau memang mau maju, marilah kita maju bersama-sama. Saya menginginkan melalui program ini pramuka betul-betul bisa hadir di tengah-tengah masyarakat agar bisa membantu dalam pengembangan pembangunan di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.

Sementara Camat Gading Taufik Alami mengatakan bahwa pembangunan kolam air program gerakan Pramuka Peduli ini merupakan upaya pramuka yang sangat positif karena dapat membantu solusi kebutuhan masyarakat akan air bersih. Selain itu dengan bersumber DD (Dana Desa) akan dibuat embung dan dikembangkan menjadi pemandian wisata.

“Hal ini sudah dikoordinasikan dengan Perhutani khususnya KRPH Sentul. Potensi inilah yang akan dikembangkan sehingga menjadi destinasi wisata baru. Untuk mendukung ketersediaan air yang cukup, Pemerintah Desa juga menganggarkan gerakan penghijauan berupa penanaman bibit pohon aren,” katanya.

Selain melakukan peninjauan lokasi pembuatan tandon air di Dusun Klompangan, Wabup Timbul dan rombongan juga meninjau penggunaan kincir air penggerak turbin sebagai sumber listrik bagi masyarakat setempat di Dusun Tomangan Desa Betek Taman Kecamatan Gading. (wan)